Tutorial Menggunakan dan Memprogram Servo dengan Arduino

Gambar
 Tutorial Menggunakan dan Memprogram Servo dengan Arduino Penjelasan Singkat Servo  Motor Servo adalah jenis aktuator elektromekanis yang tidak berputar secara kontinu seperti motor DC atau motor stepper. Motor jenis ini digunakan dimana rotasi kontinu tidak diperlukan sehingga tidak digunakan untuk mengendalikan roda (kecuali servo ini dimodifikasi). Motor servo dapat digunakan untuk mengotrol kemudi mobil, sebagai pengatur lengan dan kaki robot dan sebagainya. Salah satu contoh servo yaitu Motor Servo SG90. Motor Servo SG90 adalah sebuah motor servo kecil dengan output power yang tinggi. Motor ini dapat berotasi sekitar 180 derajat dan bisa bekerja seperti servo standar lainnya hanya saja ukurannya lebih kecil.                                           Rangkaian Tutorial Servo Tabel 1. Rangkaian  Servo Arduino Kabel Hitam Gnd(Ground) Kabel Merah 5V Kabel Kuning pin 9 Setelah rangkaian dipasang selanjutnya kita

Cara Mudah Membuat Es Krim Lembut dan Enak Tanpa Ribet!!!

CARA MUDAH MEMBUAT ES KRIM LEMBUT

ENAK TANPA RIBET


Halo, apa kabar semuanyaa, kalian semua sehatkan?? Semoga kita semua diberikan kesehatan yang baik ^_^. Jadi postingan kali ini aku mau berbagi gimana cara buat es krim yang lembut banget, enak, dan ga ribet anti gagal inyaallah.. Aku pertama coba buat eskrim ini pun hasilnya menurutku memuaskan, tapi balik lagi ke selera masing-masing. Tapi tenang aja, aku bakal buat tutorial nya secara lengkap dan mudah dimengerti :).. Oke kita langsung ke pembahasannya.

 A. Alat untuk membuat es krim :

  • Wadah yang berukuran cukup untuk adonan eskrim
  • kain / saringan (boleh pake saringan santan/teh/minyak yang sering dipake dirumah ya)
  • mixer

B. Bahan untuk membuat es krim :

  • 1 Liter susu segar
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 gram gula pasir (biasanya aku kalo ga ada timbangan, 100 gram bisa ditakar dengan 6 sendok makan)
  • 1 sdm ovalet/sp atau 4 butir kuning telur ayam yang dikocok. (kalo aku biasanya pake sp aja, jadi sp nya di tim dulu baru dicampur)
  • Pemberi rasa : 1 sdm vanili untuk rasa vanila. Untuk rasa eskrim yang lain bisa ditambahkan perasa yang diinginkan, tapi vanili tetap dicampur.
  • 1 setengah sdm tepung maizena
  • chocochip/meses secukupnya untuk pelengkap. (Kalian bisa tambahin topping apa saja sesuai keinginan secukupnya)

C. Cara membuat es krim : 

  1. Rebus susu segar dan gula dengan api sedang. Terus aduk dan tunggu hingga mendidih.
  2. Sembari menunggu susu mendidih, larutkan tepung maizena dengan 1 sachet kental manis(takaran skm bisa sesuai manis eskrim yang diinginkan). Kemudian tuang larutan ke rebusan susu , lalu aduk hingga tercampur dengan baik.
  3. Tambahkan vanili/perasa yang diinginkan ke rebusan susu. lalu aduk rata
  4. Jika sudah mendidih, matikan api. 
  5. Lalu siapkan wadah dan saring rebusan susu tadi menggunakan penyaring/kain. (disarankan memakai penyaring dan sendok karena rebusan dalam keadaan panas).
  6. Jika semua sudah tersaring, diamkan sekitar 10 menit untuk meredakan panas rebusan susu tadi. (Agar kulkas tidak cepat rusak dan tidak membuat adonan menjadi tidak sehat).
  7. Setelah suhu adonan es krim menurun, masukkan ke dalam freezer. Biarkan sekitar 8 jam/lebih sampai es benar-benar membeku.
  8. Keluarkan adonan eskrim yang telah membeku, lalu kerok dengan sendok.(untuk memudahkan proses saat di mixer)
  9. Tuangkan adonan eskrim ke wadah besar(karena eskrim akan mengembang). 
  10. Kemudian Tim Sp/ovalet /menyiapkan kuning telur yang telah di kocok. Lalu masukkan ke adonan es krim yang telah di kerok tadi.
  11. Aduk rata dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi selama sekitar 30 menit(Sampai eskrim mengembang sempurna). Untuk menghindari mesin mixer panas, kamu bisa memberi jeda sekitar 5 menit lalu menyalakannya kembali.
  12. Setelah es krim mengembang dengan sempurna, tuang adonan ke wadah eskrim yang disiapkan. Lalu masukkan chocochip secara merata/topping yang di inginkan. Aduk, lalu padatkan di wadah. 
  13. Kemudian, bekukan eskrim kembali didalam frezeer sekitar 6-8 jam(lebih baik eskrim ditempatkan pada wadah yang tertutup) 
  14. Finish!!, Eskrim buatan kamu yang lembut dan enak akhirnya siap untuk disajikan.. yeaay ^_^

Oke itulah gimana cara membuat es krim yang lembut, enak tapi ga ribet ini yaa... Yang udah coba bikin boleh dong share pengalamannya di comment dibawah :)

Semoga dari pemaparan tadi bisa membantu temen-temen semua dan bermanfaat ya, dan jika merasa ini membantu kalian bisa juga share ke temen-temen yang lain agar bermanfaat bagi banyak pihak. 
Stay safe and healthy <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal UTG dan JPU Universitas Telkom Terlengkap!!!

Komunikasi Serial Arduino dan I2C

Cheat harvest moon hero of leaf valley